Kamis, 28 Agustus 2008

JANGAN CAMPUR VAKSIN TUNGGAL

Berawal dari informasi dari salah satu member milis perihal kosongnya sediaan combo Dpat+HIB dibeberapa rumah sakit, salah satu dokter member dimilis memberikan informasi bahwa Vaksin tunggal boleh dicampur jadi satu sebelum disuntikan, contohnya Infanrix sebenarnya bisa digabung dengan hiberik sebelum menyuntik.

Dari diskusi terdahulu saya mendapati bahwa Vaksin tunggal tidak boleh dicampur terlebih dahulu sebelum disuntikan. Dan kemarin Mba Ria, bunda Wati memberikan informasi yang sangat melegakan buat para orangtua. Selamat membaca yah


1. Informasi Pertama
Dari: najwa safina
Tanggal: 27 Agustus 2008 13:19
Subjek: Re: [sehat] Info Vaksin combo DPT & H
Ke: sehat@yahoogroups.com

dear dokter a****

tidak semua vaksin DPT bisa digabung begitu saja dengan Hib. Malah untuk kehati hatian sebaiknya tidak mencampur kedua jenis vaksin tersebut dalam satu spuit. Karena kan semuanya sudah dkemas dan diproses sedemikian rupa dari pabriknya.

lagipula tidak ada yang salah kok dengan imunisasi simultan.

2. Informasi kedua
2008/8/27 tristanathan 

waaah...
bukannya gak boleh menggabungkan 2 vaksin berbeda dalam 1 suntikan dok?
kecuali memang sudah dibuat sebagai vaksin combo dari pabriknya sana?

http://www.cdc.gov/vaccines/recs/vac-admin/providers-role-vacc-admin-storage.htm
Vaccine Storage and Administration

To achieve the best possible* *results from vaccines, carefully follow the recommendations for storage, handling, and administration found in each vaccine's package insert. Here are other steps you can take to help ensure vaccine safety:

· Inspect vaccines upon delivery and monitor refrigerator and freezer temperatures to assure maintenance of the cold chain.

· Rotate vaccine stock so the oldest vaccines are used first.
· Never administer a vaccine later than the expiration date.
· Administer vaccines within the prescribed time periods following reconstitution.
· Wait to draw vaccines into syringes until immediately prior to administration.
· Never mix vaccines in the same syringe unless they are specifically approved for mixing by the Food and Drug Administration (FDA).
· Record vaccine and administration information, including lot numbers and injection sites, in the patient's record.

· If errors in vaccine storage and administration occur, take corrective action immediately to prevent them from happening again and notify public health authorities.
http://www.cdc.gov/vaccines/pubs/pinkbook/downloads/appendices/appdx-full-d.pdf
When administrating multiple vaccines, NEVER mix vaccine in the same syringe
unless approved for mixing by FDA. If more than one vaccine must be
administrated in the same limb, the injection sites should be separated by
1-2 inches, so thay any local reactions can be differentianted.

mmm... kalau gini, analogi-nya mirip sama puyer dong? :(
obat yang udah dicampur dari pabrik, kan beda dg puyer yang dibuat di apotik.

-ria-

2008/8/27 a*******o

> Maksudnya sebulum disuntikkan, sediaan DPaT dan HIB dicampur dulu,
> sehingga suntiknya jg cuman sekali. Untuk cara yang ini sediaan vaksin cukup
> banyak kok, dari pada gak jelas2 kapan ada lagi yang gabungan. Mungkin
> harganya juga sama tuch?
>
>

3. Informasi Ketiga
From: tristanathan 
Date: 2008/8/27
Subject: Re: [sehat] Info Vaksin combo DPT &
To: sehat@yahoogroups.com

mmm...
barusan coba googling, dan dapet statement dr medscape, katanya gak boleh...

http://www.medscape.com/viewarticle/413928

Mixing Infanrix With Hiberix
*Question*
Many pediatricians administer *Infanrix* with *Hiberix* by injecting the * Infanrix* vaccine into the *Hiberix* vial before administration. Does this change the efficacy of the vaccines from their separate administrations?

* Response from Russell W. Steele, MD, FAAP * Professor and Vice-Chairman, Department of Pediatrics, Louisiana State University Health Sciences Center, New Orleans, and Division Head, Clinical Department of Infectious Diseases, Children's Hospital, New Orleans,
Louisiana.

The practice of simply taking vaccines and mixing them together in the same syringe should never, ever be done. Such a practice is likely to result in a significant reduction in protection of children who receive vaccines in this fashion and may result in unusual adverse reactions. Such a combined product must be carefully studied prior to supporting such a practice.

dan juga dari web resmi si produsen kedua vaksin....

http://www.gskvaccines.com/Infanrix/Faq.html#18

Q: * Are there special requirements for administering INFANRIX?*
A: INFANRIX should be administered by intramuscular injection. It should not be administered in the gluteal region; such injections may result in suboptimal response. The vaccine must be shaken vigorously to obtain a homogeneous, turbid, white suspension. Do not use if resuspension does not occur with vigorous shaking. INFANRIX should not be mixed with any other vaccine in the same syringe or vial. Immunosuppressive therapies, including irradiation, antimetabolites, alkylating agents, cytotoxic drugs, and corticosteroids (used in greater than physiologic doses), may reduce the immune response to vaccines.

salam,
-ria-

2008/8/27 a******o  


> Mohon maaf sebelumnya, Untuk Infanrix sebenarnya bisa digabung dengan
> hiberi k sebelum menyuntik seperti sediaan combonya InfanrixHiB, hehehe
> terpaksa nyebut merk

4. Informasi Keempat
Dari: Purnamawati
Tanggal: 28 Agustus 2008 07:53
Subjek: Re: [sehat] Info Vaksin combo DPT & H
Ke: sehat@yahoogroups.com

Samsul and all
thanks atas pertanyaannya supaya lebih jelas kan ya

intinya .. semua vaksin tunggal TIDAK boleh digabung oleh dokter/bidan/perawat

Beberapa contoh vaksin tunggal (aduh banyak euyy... apa perlu ya hehehe Intinya minta brosur dan kotak vaksin sebelum anak disuntik dan tolak pencampuran vaksin)

Contoh: hep B (Engerix B, Euvax B, hep B nya biofarma); DPT (DPT biofarma, DaPT dalam merek Infanrix), HiB (Hiberix, Act HiB) dst dst

Jadi .. sebelum disuntik bawa catatan diskusi
1. tanyakan apakah vaksin yang akan diberikan vaksin kombinasi atau tunggal
2. Minta brosur dan kotaknya sebelum disuntik

itu dulu ya
wati

5. Informasi Kelima
Dari: Purnamawati 
Tanggal: 28 Agustus 2008 07:48
Subjek: Re: [sehat] JANGAN CAMPUR VAKSIN TUNGGAL ... was Info Vaksin combo DPT & H
Ke: sehat@yahoogroups.com


Dear Dr A**** and all

thanks buat sharing kalian semua ... perihal vaksin combo vs imunisasi simultan vs bolehkah mencampur vaksin tunggal satu dengan lainnya

Mohon maaf, jelas mencampur vaksin tunggal satu dengan lainnya TIDAK diperbolehkan dan TIDAK dibenarkan Apapun merek vaksinnya

Misalnya ... Infanrix (DaPT) tidak boleh dicampur dengan Act HiB atau Hiberix Dst dst dst

Jadi pilihan kita harus terbatas dua:
1. Menggunakan vaksin tunggal dan diberikan secara simultan (tergantung kebutuhan bisa 2 - 4 suntikan per kunjungan)

2. Mempergunakan vaksin combo (dari pabriknya sudah diproses sebagai vaksin combo misalnya:
Infanrix-HiB; TetractHib [DPT-HiB]; DPT-HepB nya Biofarma Pentacell meski vaksin combo .. masih dipertanyakan penggunaannya di Indonesia karena polionya dalam bentuk in jeksi [IPV] sedangkan Indonesia belum bebas polio

Catatan: vaksin combo DaPT-HiB jangan diberikan pada imunisasi dasar [imunisasi dasar adalah imunisasi pada usia 2, 4, 6 bulan]  Vaksin combo ini berikan di usia 18 bulan

Maaf singkat dulu ya
get back to u all later

wati


Ayo...mommies and dads.....
Belajar yuuk untuk lebih smart untuk anak-anak kita.
Jangan melulu manggut-manggut.
Ayo cari bahan sebanyak mungkin untuk berdiskusi dengan dokter anak kita, biar kita bisa membangun komunikasi yang bermanfaat bagi anak kita


* Mumpung datang pagian dan sempet nulis.

34 komentar:

  1. Thanks buat sharingnya ya mom..
    Kebetulan bentar lagi anakku Giselle mau imunisasi DPT HIB, jadi info ini bermanfaat banget.
    Jadi intinya ngga boleh digabung ya imunisasi DPT HIB? lebih bagus sendiri2 dong ya?

    BalasHapus
  2. Gak boleh digabung kalo pemberikan dijadikan dalam satu syringes, mbak. Tapi bila diberikan secara terpisah (2 suntikan) tetep boleh (itu namanya Simultan).
    Untuk primary doses Dpt HIBnya minta yang terpisah ya.

    BalasHapus
  3. maksudnya "dicampur" itu dicampur di 1 spuit gituh? Kalo secara logika bodoh ya emang gak boleh dong.... kan kalo pabrikan udah ada "formula"nya

    kok bisa ada dokter yang nyampur jadi 1 spuit?

    sekolah dimana tuh dokter?

    BalasHapus
  4. vaksin combo DaPT-HiB jangan diberikan pada imunisasi dasar [imunisasi dasar adalah imunisasi pada usia 2, 4, 6 bulan] Vaksin combo ini berikan di usia 18 bulan
    ----------------------

    kenapa nggak boleh gituh? kalo nggak boleh kenapa ada merek yang bikin?

    BalasHapus
  5. saya masih banyak pertanyaan ttg imunisasi jenis ini ..
    banyak yg keterangannnya beda beda ..
    but TFS ya mom .. :)

    BalasHapus
  6. Alika pernh keabisan yg infantrix jd deh dsuntik paha kiri&kanan, hib&dpt

    tfs mba shin :)

    BalasHapus
  7. naura klo d imun selalu pake yg intantrix combo Dpat+HIB, itu gpp kan mba?

    BalasHapus
  8. dilogika aja juga aneh kalo ampe diganbung..
    bumbu ajah nyemplunginnya satu2 palagi vaksin..
    dsa pada gemblung

    BalasHapus
  9. kalo boleh nambahin...inikan sama aja dgn kasus obat puyer..dr pabrik udh dibuat sediannya begitu, diproses dgn cr higienis, dsb...eh, pas nyampe ke dokter disuru giling..blm tentu mortar diapotik igienis..coba kalo kecampur/ada serbuk obat lainnya yg tertinggal??? sereeem ah...

    BalasHapus
  10. oke2... tfs yah mba..
    btw ijin kopas ke blog ku yah.. buat bahan contekan...
    thx

    BalasHapus
  11. say sekalian nanya dong. booster varicella tuh setelah 6 bulan atau gimana ya?
    raka waktu itu varicella umur 2 tahun pas. nah sekarang 2 tahun 6 bulan pas, jadi mestinya bisa sekarang atau nunggu bulan depan?
    soalnya menurut jadwal dari bunda wati sih bulan depan, tapi pengen bulan ini aja. gimandang?

    BalasHapus
  12. kalo ini mah buanyyyyak di Indonesia Mbak

    BalasHapus
  13. kalo di US, merk dtap+HIB trihibit memang gak boleh untuk primary, karena kalo diberikan pada primary dikhawatirkan proteksi HIBnya kecil, jadi perlu di ulang.

    BalasHapus
  14. Menurut salah satu produsen Vaksin sich gak papa.....

    BalasHapus
  15. Betul banget....
    Btw banyak yang p***f loch yang melakukan hal ini....sharing dari beberapa member

    BalasHapus
  16. Sebenarnya Booster Varicella diumur 4-6 tahun. Tapi kalo mau diberikan lebih awal boleh juga dengan catatan min 3 bulan dari dose yang pertama.

    ini Link : http://www.cdc.gov/vaccines/pubs/vis/downloads/vis-varicella.pdf

    BalasHapus
  17. oh gitu ya.. ok deh. thanks ya infonya

    BalasHapus
  18. klo MMR itu termasuk combo ga siy mba? sachi (15M) ud dpt schedule MMR dr dsa-nya tp belum aku bawa2 jg.
    trus aku pernah baca klo ud MMR berarti campak ulangan ga perlu lagi yah ?
    thx yaa

    BalasHapus
  19. MMR termasuk Combo kalo di luar negeri ada Vaksin-2 yang tunggalnya.

    Betul gak perlu ulangan Campak kalo dah MMR

    BalasHapus
  20. bulan depan pas Nadia 18 bln, makasih ya mba.....

    btw br tau jg klo DPT-HIB yg primary ga boleh pke combo, makasih lagi ya :)

    BalasHapus
  21. berarti yg primary tetep kasihnya yg simultan gitu ya, mbak?

    BalasHapus
  22. iya heran deh, secara logika aja g masuk akal kalo dua vaksin terpisah dimasuin satu spuit terus dikocok jadi sekali suntik. lah emangnya lagi ngeramu minuman?? aneh..

    BalasHapus
  23. tiga hari yang lalu anakku udah di imun vaksin combo DPT yang ketiga digabung sama Hib ( tetracHIB ) dan polio

    kalo yang gini bolehkah?

    salam kenal juga ya mba..
    mohon ijin kopas juga ya mba :)

    BalasHapus
  24. Catatan: vaksin combo DaPT-HiB jangan diberikan pada imunisasi dasar [imunisasi dasar adalah imunisasi pada usia 2, 4, 6 bulan] Vaksin combo ini berikan di usia 18 bulan

    berarti sebaiknya vaksinasinya simultan aja khan?trus buat apa dong bikin yg combo?hehehe..khan biasanya DPT,Hib,Polio di bulan ini?

    BalasHapus