Senin, 11 Agustus 2008

D I K A = DITA

Kemarin sempet baca artikel di kompas tentang Jangan Menyuruh Bayi Belajar.

Pro dan kontra memang, semua sich tergantung orangtua masing-masing.
Dari Dika bayi sampe sekarang kami sepakat untuk tidak memaksa Dika, biarin aza dech, nanti pada saatnya proses ini juga akan dilalui oleh Dika, dan kami yakin Dika akan bisa melaluinya dengan baik. Toh Mama & Papanya pinter kok (pede abis).

Di sekolah Dika ( KB Dimurti ), saat ini proses belajarnya juga cukup unik, Anak-anak tidak merasa belajar, karena prosesnya sambil nyanyi, sambil berbaris, kata-katanya juga sangat sederhana, dll.

Nah, seperti inilah proses belajar disekolah DIka ( kata eyang )

Eyang   : Dika, huruf yang dingin
Dika      : S
Eyang   : huruf yang kayak perahu
Dika      : U
Eyang   : huruf yang kayak lilin
Dika      : i
Eyang   : huruf yang kayak kue donut
Dika      : O
Eyang   : huruf yang kayak gunting
Dika      : K
Eyang   : huruf yang perutnya didepan
Dika      : a

dst...

kemarin mama nanya begini sama Dika.

Mama  : D i k a dibacanya apa ?
Dika    : Dita
Mama : bukan sayang, Dika ( ngeledek)
Dika   : Dita ( sambil ketawa....)

hahaha, anak mama ini gak bisa nyebut K dengan K bila berada ditengah kata.....

28 komentar:

  1. Dika kan bukan bayi lagi.
    kalo di artikel itu kayaknya lebih ke metode glen doman yang diterapkan pada bayi... hiiii bayi mah dilatih motorik ajalah yaa

    BalasHapus
  2. he eh.....itu khan bayi...
    Dika mah udah jagoan

    BalasHapus

  3. Rao aja baru tau huruf R-A-O, hehehe...
    Di sekolahnya baru pengenalan huruf hidup sambil bermain.
    Aku sih santai aja - karena sekolahnya pulang jam 2 siang - di rumah gak belajar lagi. Biar aja maen-maen dulu, targetnya TK B baru mulai belajar baca beneran.

    BalasHapus
  4. inget ade ku waktu kecil, bilang aqua = atua

    BalasHapus
  5. samaaan.....
    Targetku Dia mau sosialiasi dengan teman-2nya...dan udah ada perkembangan sedikit.

    BalasHapus
  6. hahaha...
    hurup itu mang susah ya....

    BalasHapus
  7. gilingan yaa.. metode glen doman gak laku di negaranya, malah dipaksain di negara kita..

    BalasHapus
  8. bener banget mba....aku tadi pengin nulis juga seperti itu..... harganya mahal pula lagi....

    BalasHapus
  9. bu gurunya iseng aza tuch....lah Dika ditanya seperti itu,...langsung jawab Dia... es...es...es....

    BalasHapus
  10. ada2 ajah si ujang.. masa nyebut nama sendiri jadi DITA =))

    BalasHapus
  11. ada2 ajah si ujang.. masa nyebut nama sendiri jadi DITA =))

    BalasHapus
  12. Boleh juga tuh idenya : kayak perahu, kayak lilin, dst.

    Kalo disini metodenya lebih ke artikulasi : a i u e o. Kalo ini udah mahir baru ke konsonan.
    So far cukup berhasil (soale belum dilakukan dengan rutin, sambil maen2 aja trgantung moodnya fadlan). Jadi kalo ada huruf S, mamanya bilang "sssssssss" mendesis, trus tarok huruf S didepan S, dia akan bilang "SAAAAA" tapi berhubung dia belum bisa bilang S maka dia baca "CA". Begitu juga kalo huruf M, mamanya bilang "mmmmm" menggumam, tunjukin huruf O di samping M, fadlan akan bilang "MOOOOO".

    Metode banyak sih ya, sampe skrg gue masih trial beberapa, sambil maen aja

    BalasHapus
  13. Kalo mnrt gue, metode apa aja ya bisa aja berhasil tergantung anaknya. Mksud gue, cocok2an lah. Metode A mungkin cucok utk si Budi, B cucok utk si Wati, etc. Yg penting tugasnya ortu mengutamakan hak anak di usianya itu, cari metode belajar yg tepat utk tiap anak, & ga maksain.
    Gue sih ga nerapin metode tertentu. Ya iya gue coba & arahin, tp ga maksain lah.

    BalasHapus
  14. iya mbak,..banyak metode ditawarkan,..semuanya musti disesuaikan dg sifat anak,..daku jg sedang belajar utk itu

    BalasHapus
  15. Memang sebaiknya nggak usah dipaksa. Sepupunya Marty dulu ortunya ngotot banget ngajarin huruf, tapi anak2nya boro2 mau. Pas umur 3,5 thn tau2 anaknya mau sendiri gara2 lihat keyboard laptop. Jadi belajarnya di laptop, setting hurufnya dibikin segede2nya. Cuma 3 hari dia udah hafal A-Z. Pas umurnya 4 thn dia udah lancar baca. Anak2 kan pintar, jadi tinggal gimana kita aja ngarahinnya

    BalasHapus
  16. kriwil cisa baca yang ngajari ayahnya, sekolah sih masih belon diajari samsek, dah TK B padal hiks

    BalasHapus
  17. Iya mba Il....
    Sejauh ini Dika juga sambil main belajarnya.,...kadang-2 kita suka terkaget-2 ...waks ternyata dia dah bia

    BalasHapus
  18. betul banget.....tergantung mood anak-2 juga....

    BalasHapus
  19. iya nich...ternyata selain anak-2 kita juga harus lebih banyak belajar ya mbak....

    BalasHapus
  20. wah lucu jg yah metode belajarnya mas dita... heheheh....
    bbrp hari ini aku jg kaget mba, pas aku lg suapin sachi makan sambil dia main puzzel angka2, eh koq dia tau letak2 angkanya dgn benar ???? ga ada yg salah letak walau aku kasih ngacak itu angka... so mendorong aku utk hunting puzzel lagi tp yg huruf hehehhe..... so setuju mba utk bermain tp ada unsur belajarnya jg...

    BalasHapus
  21. senengnya,.....masih bisa main sepuasnya dunkkkkk

    BalasHapus
  22. sip....yo bermain sambil belajar

    BalasHapus