Senin, 24 November 2008

Seberapa Pentingkah mematikan HP di Pesawat ?

Dari beberapa kali saya bepergian dengan pesawat terbang, sampai yang terakhir minggu lalu, saya masih saja menemukan beberapa orang didalam pesawat masih menyalakan HP mereka   "tentunya secara diam-diam" (entah disengaja entah tidak).

Kenapa saya bilang diam-diam, karena Sang Pramugari selalu mengingatkan untuk mematikan HP setiap kali mulai naik pesawat, sedang mengcek penumpang ataupun ketika membagikan permen.

Nah, dari beberrapa artikel atau email yang bersliweran dulu (saya lupa euuuy) jika frekwensi HP dengan mesin turbin kebetulan sama dan sinergi, maka akan berakibat mengganggu jalannya turbin tersebut, dengan konskwensi mungkin mesin turbin akan mati seketika  (CMIIW ya).  Atau kedua signal ini mungkin saja bertabrakan, masa sallah satu harus kalah ataupun mungkin mengalah ( CMIIW lagi, gak donk nich).

Ada informasi lagi bahwa di LN sekarang sudah ada airlines yang memperbolehkan menggunakan HP di Pesawat, kalo itu saya yakin airlines tersebut pasti telah memaintance pesawatnya dengan tehnologi yang terbaru dan benar-benar disiapkan untuk bisa menggunakan Hp di Pesawat.

Tapi bagaimana dengan Indonesia, sejauh manakah larangan itu diterapkan, sejauh manakah Signal HP mempengaruhi sistem Navigasi pesawat-2 kita ?. Jika ini memang dilarang, mengapa tidak ada alat khusus yang bisa memindai adanya Signal HP yang masih hidup didalam pesawat. Atau kenapa larangan ini tidak dimuat dalam PP ? mengapa orang-2 tersebut tidak memperhatikan bahwa dengan menyalakan HP mungkin saja bisa membuat kerugian bagi dirinya dan orang lain.

Mungkin ada temans yang bisa memberikan pencerahan kepada saya....ditunggu ya


18 komentar:

  1. lagian kenapa juga di dalam pesawat masih nyalain hp, emang ada sinyal gt? heran deh...
    matiin bentar juga gpp kali :)

    BalasHapus
  2. Aku kira kagak ada hubungan tuh. Tapi yang mungkin dikhawatirkan bahwa frekwensi HP dapat mengganggu komunikasi antara pesawat dan tower.
    Bayangin aja kalo sang pilot salah mengartikan arahan dari tower. Bisa tabrakan sama pesawat laennya!

    BalasHapus
  3. waduhh saya juga bingung...
    klo naek pesawat msh ada aja yg males mo matiin hpnya...
    t5rs baru landing aja udah rebutan nyalain hp...
    apa sepenting itu yah hehehehe

    BalasHapus
  4. Ember mbak!!! Apalagi di maskapai murah meriah, ada aja tuh yg masih sok sibuk nyalain HP, kaya' yg ada sinyal aja.
    Sorry nggak menjawab pertanyaan...;D

    BalasHapus
  5. Adik ipar kebetulan engineer di maskapai dalam negeri, dia bilang akan fatal akibatnya bila HP menyala dalam keadaan pesawat hidup, krn mengganggu komunikasi sinyal penerimaan, shg mengganggu aktivitas pesawat itu sendiri. Siyalnya negara Indonesia yang miskin ini ternyata diisi oleh banyaknya orang bodoh yang sok sibuk. Terakhir gue naik pesawat itu gue sampe harus (sorry) membentak pramugari agar bisa tegas sedikit thd penumpang yang masih nyalain hp ketika akan take off dan udah nyalain hp ketika pesawat belum bener2 landing.

    Sama halnya dengan sinyal hp di pom bensin. Siapa coba yang matiin hp ketika masuk pom bensin? Dalam posisi gue diangkot dengan full penumpang, cuman gue doang kali, keke.

    BalasHapus
  6. Kayanya yah (kalo ga salah loh..), di acaranya Mythbuster - Discovery Channel pernah ada penelitian ttg pake HP & pesawat. Ternyata sinyal HP tidak ada atau hampir tidak ada pengaruhnya ke sinyal2 komunikasi pesawat.

    Tapiii, catatan gue sih: 1) penelitiannya dilakukan di darat, hanya di tes area kokpit pesawat & HP-nya, ga di dlm pesawat di angkasa raya sana & kalo mnrt otak dodol2an gue sih, mungkin aja akan ada perbedaan hasil. 2) Mungkin org Amerika pake contoh perlengkapan kokpit pesawatnya yg udah canggih & masih sehat, yg udah ga yg terpengaruh sm sinyal lagi, ga kaya pesawat2 lokal Indo yg sbnrnya udah ga laik terbang. 3) Nah, apa kita sendiri berani membuktikan kebenaran penelitian si Mythbuster ini dgn tetep nyalain HP di dlm pesawat yg lagi terbang di atas sana, dgn resiko, kalo ada kesalahan/penyimpangan dr penelitian, ya pesawat yg kita naikin ya jatuh gitu loh..

    Nekad banget ga siih.. Mendingan matiin deh tuh telepon..

    ..

    BalasHapus
  7. setujuuuu..!!!!
    sok sibuk aj tuh org2 model gitu...
    klo mereka ga perduli sm nyawa mereka sndri, mbok yah peduli sm nyawa penumpang yg lain...

    BalasHapus
  8. mengingat resikonya, dan kemudahan mengikuti prosedur mematikan HP. Mestinya sih gak ada salahnya ya matiin HP di pesawat. Sambil kita meminta pihak berwenang menjelaskan dengan transparan mengenai hal ini. Daripada daripada, kan lebih baik lebih baik....bukan begitu Andika? *sambil towel pipi dika*

    BalasHapus
  9. Sepertinya mang penting tuch......khan mau ngasih tau kalo dah tiba dengan selamat di Tujuan.... :D

    BalasHapus
  10. hahaha......ember banget dah....

    BalasHapus
  11. hmmm...kayaknya emang kebih safety dimatiin yaa

    BalasHapus
  12. hmmmm harusnya seprti itu khan ya....
    Tapi kenapa gak ya ?

    BalasHapus
  13. tante....sakit tau..... *balik nyubit....

    BalasHapus
  14. klo saya suka comment yang ini nie....kapan pesawat kita bisa????bisa yang harga cuman 200k batam-jkt???hehe...habisnya saya juga suka deg2an klo pas dipesawat ada yang nyalain hp, eh, si pramugarinya pura2 g liat...( karna jelas2 hp bunyi kencang yak...)

    BalasHapus
  15. iya yah...tau atau pura-pura gak tau ?

    BalasHapus