Jumat, 16 Mei 2008

MLM oh MLM....

Mba kurnia....contek judul sharingnya ya,.... . Maaf kalooo panjang ya....Mohon maaf kalo gak berkenan, ini hanya curahan hati saja.

Sebenarnya gak bermaksud untuk mendeskriditkan salah satu MLM, karena saya juga masih menggunakan 2 MLM untuk buat dapur ngepul....hehehe....tapi ini semata-mata hanya ingin berbagi mengenai cara-cara mereka membohongi kami, meskipun akhirnya kamipun juga tidak dirugikan.

Sebenarnya ini cerita papa, cuma saya juga ada disana waktu kejadian-2 ini terjadi.

Tahun 2004
Waktu itu kami sedang membantu bisnis percetakannya Ayah ya caranya dengan menghubungi beberapa kenalan yang mungkin bisa memberikan kami order cetakan. Nah, kami berhasil menghubungi salah satu dosen papa waktu jaman kuliah dulu yang saat ini  kehidupannya sudah tambah lumayan.

Nah, satu waktu kami dihubungi oleh Beliau, Ia meminta kami untuk ketemuan di gedung ( lupa namanya ) di samping RS Jakarta, katanya dia ada pertemuan dengan beberapa anggota DPR dan mereka memintanya untuk membawa beberapa percetakan. Wuihhhh seneng banget, kebayang dech kalo kami bisa mendapatkan order cetakan apa saja, gak muluk-muluk sich paling gak ada tambahan 1 client lagi.

Dengan semangat 45 ( tapi gak bawa bambu runcing ) kami mendatangi gedung tersebut, tunggu punya tunggu akhirnya ketemu juga dengan Sang Dosen, kami dimintai uang Rp. 30.000 untuk membeli karcis masuk mengikuti acara (yang sampai kami bayarpun kami gak tahu itu acara apa, cuma bingung katanya mau ngenalin orang DPR tapi kok harus beli karcis), mungkin sang Dosen memahami kebingungan kami, katanya ikut dulu acara ini nanti baru dia kenalin.   

Akhirnya acara dimulai, diputerin VCD tentang Pipa vs Ember ( masih bingung ) setelah selesai barulah tahu bahwa ini adalah acara Info Night salah satu MLM besaaaar ( wuih asli saya marah banget, secara anak saya masih 6 bulan, acara itu sampai jam 9.30 malam belom selesai dan saya masih menyusui ).

Setelah acara selesai, Sang Dosen tanpa rasa bersalah meminta kami untuk gabung dengan Beliau dan mengikuti salah satu acara mereka .....lupa  tapi bayarnya Rp. 40.000/org, saya terang-2 langsung menolak karena merasa dibohongi, tapi papanya Dika masih sabar dan Ia akhirnya membeli tiket tersebut agar bisa segera lepas dari Sang Dosen dan bisa meninggalkan tempat tersebut.

Maret 2008
Kebetulan Papa deket dengan salah satu rekan kerjanya, orang baik, pandai, lumayan kaya, sudah beristri, papa mertuanya juga orang yang sangat kaya dan katanya kalo emang pengin bikin usaha beliau siap untuk memberikan modal karena memang sudah disiapkan.

Wah rasanya seperti angin segar buat kami, secara memang lagi pengin bikin usaha tapi belum ketemu sama orang yang bisa diajak konsultasi dan siapa tahu bisa nambahin modal ( hehehe). Nah, dari beberapa pembicaraan Ia mulai mengirimkan file-file kepadaku untuk dipelajari, konsep detail dari biaya, konsep usaha, dll. saya berpikir bahwa  temen papa ini benar-2 ingin membantu kami.

Akhirnya kami memutuskan untuk bertemu disuatu malam, pertemuan yang sangat berkesan buatku....Ia memang seorang yang sangat pandai membuat kami merasa bahwa Ia akan membantu kami sampai kami bisa mandiri. Tapiiiii pulangnya kami dioleh-olehi 2 VCD....katanya Ia hanya untuk memotivasi kami untuk berbisnis, soalnya Ia juga termotivasi setelah menonton VCD ini.

Sampai dirumah...........penasaran donk apa sich isi VCD itu.....
VCD pertama adalah Pipa Vs Ember
VCD kedua adalah testomoni...atau apalah tentang seoarang yang akahirnya menjadi kaya karena memutuskan untuk bergabung dalam bisnis ini.

(Aku langsung curiga donk),Pap, jangan-2 dia mau mengajak kita gabung di MLM *******.
Dasar papa orangnya gak pernah berburuk sangka.....gak lah, ini untuk motivasi kita saja.

Yo wis, akhirnya kami janjian lagi ketemuan, kali ini siang hari....
tapi aku tetap bingung....kenapa janjian kali ini di Menara BDN, kenapa gak di cafee tau dimana gitu....Tetap aza papa gak percaya.....jalanlah Ia sendirian...
Akhirnya.....Ternyata benarlah dugaanku.....
Acara tersebut adalah salah satu acara sejenis InFo night ( aku gak ngerti dech, sebodo)
Dan dalam waktu dekat mereka akan mengadakan " LS " biayanya kalo gak salah 550rb.

Karena papa bersikeras untuk ikut acara tersebut ( pengin tahu sehebart apakah acara tersebut).............Saya sih gak langsung ngelarang papa untuk gak ikut......
(cuma dalam hati gak rela aza kalo harus melayang tu duit .....)

Akhirnya, pas mau acara.....Papa telpon.....
Mam, kok aku ragu ya....ngapain ya aku ikut acara ini....untuk apa ya....apa ya keuntungan buat kita....gimana menurut mama layakkah kita bayar 550rb itu....untuk sesuatu yang kita belum tahu manfaatnya.... ? kok aku merasa dipecundangi sich ? (horeee..... inilah yang kutunggu....kesadaran itu bukan karena paksaanku).

Setelah kuberikan beberapa masukan, akhirnya papa memutuskan untuk pulang dan tidak mengikuti acara tersebut.( saya bersyukur gak terkira sampai saat ini )


Pointnya adalah :
Saya merasa bahwa trik-trik yang mereka pakai untuk mengajak itu sangat halus, bahkan sangat samar dengan iming-iming membantu memberikan solusi, bisnis dll, sehingga kami akan merasa terikat dengannya dan bisa saja kami tergerak untuk ikut. Dan beberapa teman juga mengalami hal yang sama dengan saya ( dengan MLM yang sama).

Saya hanya menyayangkan bahwa MLM yang sangat ternama dan besar itu harus terlebih dahulu melakukan hal-2 tersebut untuk merekrut anggotanya.

Pada 2 MLM yang saya ikuti, saya gak merasa dibohongi terlebih dahulu trus bergabung, tapi saya dengan sukarela bergabung tanpa adanya janji-2 manis diawal meskipun tetap berbuah manis.






36 komentar:

  1. ikutan curhat gara2 MLM juga aku jd 'tukang bohong' utk sekedar menghindari yg nawari...
    secara aku sbenernya ga sreg dg bisnis ini tp selalu aja dikejar-kejar plus di-iming2i hal2 yg mengiurkan....

    sapa sih yg gak kepengen tp aku masih ingin cari duit yg wajar2 aja tnp mengurangi waktuku dg keluarga..
    janjinya ini kan kerjaannya ga menyita wkt..sapa bilang nyatanya seminar malem n memprospek org smp malem ..mendingan aku kruntelan ama 2 bocah or ikut acara greja...

    sori yaaaa klo ada yg ngerasa tersinggung dg pendapatku..
    krn aku merasa n melihat smp sekarang temen2 n tetanggaku yg ikut salah satu MLM terkenal malah jarang di rumahhhh wktnya habis buatsana sni termsk ikut seminar yg nurutku mahal bgt..mending buat biaya sekolah anak2..walo katanya seminar itu slh satu bentuk investasi masa depan...

    maaf aku blum tertarik'
    walo kmaren aku pernah basa basi mengiyakan hanya semata-mata aku males dikejar-kejar n ditelp mlulu... n dg cara halus apapun aku menolaknya tetep aja dikejar-kejar..huaaaaaaaa


    sori ya, Shin malah curhat...

    BalasHapus
  2. begitulah Shinta, MLM, aku jg blm sreg sampe saat ini

    BalasHapus
  3. sama...aku pernah di bohongi juga... karena temanku tahu hobby ku masak, dan gampang tergiur dengan peralatan masak dia bilang "yuk..datang ke sini, ada demo panci" aku tanya merknya apa... apa istimewanya tuh panci...dia bilang "liat aja ntar"
    karena dia nggak bisa memberi gambaran, aku juga males... eh..bener kata temanku yagn lain... itu mah ajakan MLM ternama... dia kheki banget... emang salah satu produknya tuh MLM panci...

    BalasHapus
  4. kekeke tapi pengalamn bojoku bilang kalo LS ini emang bagusss say...
    even setelah itu kita ya tetep gak ikutan
    memotivasi gituh lohhh
    aku sampe saat ini kalo lagi butek seneng kok dengenrin kaset mereka, bagusss isinya, jangan liat MLMnya

    di MLM manapun kalo mau sukses syaratnya 1 : kerja Kerasssss hahahah

    ini A**** kan?

    BalasHapus
  5. ugh emang tuh MLM bikin puyeng.
    ngga ngerti deh.. kalo jualan produk ya jual aja.. kok maksa gitu ya.

    550rb mah sayang atuh ya buat ngikutin acara begituan. itu kan bukan seminar (dimana kita bisa dapet pengetahuan). itu kan acara testimonial aja ya? huu malesssh

    BalasHapus
  6. Mbak Shinta...
    Lebih kebangetan lagi, sahabat SMA saya (2 orang sekaligus) ngajak saya ikutan MLM suplemen. Aaarrggghh....MLM merusak hubungan persahabatan nih.... :(
    I hate MLM standing between me and my friends....

    BalasHapus
  7. weekekkekee... yang keki, yang bete, yang sebel... hihihi... mo sharing juga ah... asampe hari inipun daku masih terjerat MLM... hohohoho :) tapi ya memang begitulah. ga bs juga sih kt salahin ya. betul investasi?? masa sih?? hehehe... aku sih ambil positifnya aj. makanya kita liat2 dulu MLM nya. apakah ada produk yang dijual? trus apakah ada manfaatnya untuk kita? klo hanya disuruh invest money.. hmm... mikir2 deh, itu mah money laundry namanya. bener ga sih?

    masalah seminar-seminar ya memang begitulah cara mereka berpromosi. klo iklan ngobrol ampe DOWERR tuh gede2 di tipi n di jalanan, nah mereka kan ga pake pasang iklan gt, tp info mouth to mouth, ya gt deh ngajakin seminarlah ampe boong segala. tp saya ga pernah boong kok. hehehe.... walah, jd curhat apa curhat neh... ambil positifnya aj. biar ga bete lagi :)

    klo ngerasa ga sreg, jgn marah ma y ngajakin, tolak dengan halus aj. :)

    BalasHapus
  8. setujuuuu.. aku jg org yg paling anti sm yg namanya MLM, parahnya pernah jg kejebak utk ikut salah satu info night atau apalah namanya, gara2 diajak sama kakak sepupu. Saudara gitu lochhh sapa yg nyangka sih bakal ngajak yg ngak2 atau menjerumuskan?? Bener kata mba yuni, mereka itu mengiming-imingin dgn mo bantu atau ada bisnis utk kita. Wahhhh ga banget deh klo kaya pake cara belakang & menghasut gitu.... Sampe skrng aku jg males berurusan sm tuh saudara lagi deh.. takuttttt....

    BalasHapus
  9. udah ditolak scr halus masih ngotot juga harus bagaimanakah?

    huhuhu gara2 MLM maaf nih hub dg sesorg yg tadinya baik jd agak ga baik..alias jd sungkan.. n jujur berusaha menghindari..

    maaf sekali lagi yaaa :-)

    BalasHapus
  10. MLM ini sori nih yahhh bahasa kasarnya mengubah seseorang menjadi 'muka tembok' & menghalalkan segala cara utk mencapai tujuannya... apa ga ada cara yg lbh terhormat gitu drpd memperdaya/ mempermainkan 'harapan' org ????
    Sorrriii banget klo ada yg tidak berkenan.. cm menyampaikan pandangan saja sih... ga bermaksud menyinggung pihak2 tertentu...

    BalasHapus
  11. Gue tau MLM yang dimaksud, dan sampe detik ini masih bersumpah gak akan join kesitu, soalnya cara yang dipake untuk mengajak dan merekrut kayak gitu sih, dan memang rule nya adalah "dilarang menyebut nama bisnis saat memprospek" ... Lah ??? Kalo gue lebih seneg yang pasti2 aja.

    BalasHapus
  12. di tempat gw yang suka bikin males nih, ada salah satu pengurus lingkungan (struktur gereja) katanya ngajak pertemuan, ya bokap pikir itu rapat dong secara yg ngundang aja ketua gitu...eh, sampe sana pualng dibekelin kaset dan segepok fila yg katanya buat baca2...duh, manfaatin posisi banget ga siy...

    si pisa sama ember itu pernah nonton jg, pertama2 sih lucu, ngajak nonton anak tetangga yg masih kecel, konsep gw waktu itu kan kartun pasti anak2 demen hehehe...buntutnya kayak gitu...

    Gue tahu memang ada orang yg sukses dengan MLP, ga tau dengan cara bener atau nggak, tapi karena gue nggak tertarik makanya nggak pernah mau ikutan. beberapa kali yg nawarin bilang dalam 6 bulan bisa punya BMW dlll, gue cuma bilang, buktiin kalo di 6 bulan itu elo bener2 punya BMW, gue akan berbakti deh ngikut elo di MLM itu. Sekarang udah 5 taun nggak keliatan juga buktinya....

    eh, pernah lho pas kelas 3 sma gue diajak ketemuan temen sekelas gue di taman sekolah, taunya di menawari gue MLM ini, yooloooooo...SMA udah mainan am***

    BalasHapus
  13. gak papa Mbak..
    seneng juga...ternyata saya gak sendiri

    BalasHapus
  14. Gak papa Mbak...
    Seneng ternyata saya gak sendiri

    BalasHapus
  15. Sama Mbak...
    2 yang saya ikutin itu hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari aza kok...maksudnya produknya. Khan lumayan bisa beli baju & kosmetik dengan diskon yang mayan...

    BalasHapus
  16. hehehe....
    emang kudu hati-2 ya mbak.....
    cara-cara mereka tu ampun dech....

    BalasHapus
  17. Nah itu dia mbak....
    Kalo aku mendingan bayarin 2 orang dikeluargaku untuk ikut PESAT.
    So, kenapa harus bayal mahal untuk dengerin testimoni....

    BalasHapus
  18. hehehe...
    sabar ya...mudah-mudahan ada cara untuk memperbaiki hubungan kalian....

    BalasHapus
  19. sedihnya,,,,jadi merusak hubungan keluarga.....

    BalasHapus
  20. Aku maafin dech....
    hehehe....
    Mudah-mudahan dia memaafkan dirimu

    BalasHapus
  21. Nah....itu tuch...
    aku juga gak sreg sama cara-cara ini....

    BalasHapus
  22. Tu khan.........
    kenapa harus begitu caranya,,,,,

    BalasHapus
  23. Sebernya untuk nolak MLM gampang aja, bilang aja belum minat. Gitu aja. Gak usah sebel sama orangnya or MLM nya. Karena MLM itu kan hanya media aja. Lah kalo ybs nawarin dagangan lain selain MLM apakah kita sebel ? Bisa jadi nggak kan ? Jadi mindset kita nih yg kudu diubah, knp sebel sama MLM. Gitu.

    Beras bisa kok di MLM in, minya goreng juga, kalo di amrik MLM itu wajib. Or sudah mendarah daging ke rumah tangga disana, kalo disini masih dilihat sesuatu yang negatif.

    MLM membantu banyak orang berusaha, coba deh kalo MLM stop beroperasi, wuaaah banyak bgt pengangguran. Gue tadinya anti bgt sama MLM, eh skrg MLM malah jadi kendaraan gue untuk maju, menggantungkan hidup dari hasil kerja keras gue di MLM. Kerja keras lho MLM it, gak ada yg namanya ongkang2 kaki. Memang bener sebelum sukses bisa aja waktu kebuang (serasa kebuang, pdh enggak) untuk urus MLM melulu, tapi bagi sebagian org mungkin memang memilih dgn cara begitu, kalo gue sih pilih cara santai aja, hasilnya memang santai tapi pasti dan pastinya gak perlu nipu.

    BalasHapus
  24. Iyah, kalo si A**** atau N*****21 itu memang. Melarang menyebutkan nama bisnis ke calon prospek, dan mereka juga gak boleh jualan produknya secara transparan, aneh kan .... Aku aja yang gak anti MLM malah sebel juga kok, karena mereka lebih ke networking dan seminar2 gitu.

    Coba aja lihat leader2nya dari jaman aku SMA orangnya ya itu itu aja ... Gak ada kaderisasi or regenerasi. Pdh jujur aja produknya bagus2 juga kok, sebagian produknya aku pake dirumah, tapi kalo sistem MLM nya aku gak cocok.

    Mendingan cari MLM yang jelas2 aja. Produk dan kualitas serta harga yang pantas. Kalo soal kaset2 motivasi, gak usah dianggap jelek lah, menurutku sih masih bagus kok, media untuk menggugah orang kan beda2, ada yang seneng membaca, mendengar atau menonton.

    Kalo aku lebih senang melihat contoh. Jadi begitu join MLM dan berani memprospek orang, saat itu juga kita harus bisa menjadi contoh sukses dan menginspirasi orang lain, kalo gak bisa kayak gitu dijamin gak akan sukses. Gak ada cerita gue janjiin ke org dalam sekian bulan bisa sekian juta, lah dia ama gue kan beda, gue bisa cepet belum tentu dia bisa, yang lain bisa cepet belum tentu gue bisa. Alhamdulillah sih kalo kerja keras, fokus, dan. Menjalankan sistemnya ya sukses2 aja.

    BalasHapus
  25. wah jadi marketing kan memang bukannya harus pinter ngerayu mbak shinta?? Aku gak pernah mau ikutan MLM.. kayaknya syusah buat ku..

    BalasHapus
  26. iya ini yg gw betein..hhhheheeh

    suami gw pernah smp bela2in dandan rapi jali krn katanya mo diajak bicara ttg bisnis bahan bakar..
    waaaa semangat dong soale wkt itu proyek lagi sepi sapa tau ditawari proyek bikin pom bensin... sapa tau stl dg dandan rapi plus berbekal CV ns pegang tu proyek,,,

    ealahhhh taunya ya si A or N itu... :-(

    BalasHapus
  27. Aku pernah tuh ikutan MLM yang besaaaaaar itu ampe ikutan LS segala. kaset2nya juga masih ada dirumah..jadi maenannya Farah sekarang mah. ;))
    tapi bener juga kata mom uci...ikutan MLM itu emang prospekan sampe malem dan seminar2nya juga sampe malem.
    Dan mungkin emang akunya blm "klik" sama yang judulnya bisnis MLM...jadi ya ga pernah sukses...
    Masih cari uang dari yang jelas dulu aja deh..xixixixixi

    BalasHapus
  28. Berubung gue ga pernah nonton film pipa vs ember, dr komen2 di atas, cmiiw, jd film pipa vs ember itu filmnya A & N ya? (mmm, emang ga boleh eksplisit nyebut nama ya???)

    Gue ga anti sm MLM. Selama ini gue ikut MLM krn emang gue memakai produknya. Dan yg gue liat MLM yg gue ikutin cukup transparan & fair.
    Tp kalo MLM yg nawarinnya pake nutup2in, ada udang di balik batu, terus produk ga jelas, emang bikin bete siih...

    BalasHapus
  29. sama donk...
    Aku juga gak pernah mau jadi Marketing

    BalasHapus
  30. Sama. dunk aku ikut MLM karena memakai produknya...
    Sebenarnya gak anti juga...
    Cuma gak suka dengan cara mereka yang memberikan harapan yang tinggi...tahunya ada udak dibalik batu....

    BalasHapus
  31. dulu dosenku ada yg ikut Axxxx, pas nilai mo keluar tar pasti ada aja mahasiswa yg ditelp dibilang nilainya kurang (pdhl sblm ujian dia dah kasih soalnya lengkap, ga mungkin banget klo nilainya kurang!), trus ketemu dia dan disuruh ikut seminar Axxxx (untungnya aku ga pernah ditelp!), dah dipaksa ikut disuruh bayar sendiri pula tiketnya! Si Dosen kan ngajar matkul Keuangan Internasional, trus kita disuruh bikin presentasi, dikasih CD2nya si Axxxx, males banget untung lagi bukan aku yg bertugas bikin power pointnya :D
    sekarang aku pke jg sih produk si Axxxx, tapi aku nebeng temen yg member jadi tetep dpt disc 30% :D

    BalasHapus
  32. lumayan....
    Masih ada untungnya...iya khan...

    BalasHapus