Kamis, 01 Maret 2012

Skul Dika


Dibilang telat cari skul bisa ya bisa tidak :D.
beberapa sekolah yang saya kunjungi baru akan melakukan penerimaan pada Mar-April ini. Tapi beberapa memang ada yang sudah tutup karena quota sudah terpenuhi (jumlah kelas biasanya cuma 1 saja dg max 20-25 org)

Oiya, target saya mencarikan skul dika adalah yang orientasi belajarnya ga full di dalam kelas, karena saya tahu apakah dika betah atau tidak diam selama 6 jam didalam kelas.

Beberapa yang saya kunjungi adalah :

Skul Alam Bintaro
Dika waitlist ke 2 untuk SD, dan menilik umurnya dika bila diterima akan masuk kelas 2, saya tertarik dengan konsep belajarnya yang mirip2 dengan skul TK dika, sekelas hanya 24 murid, namun ada beberapa hal yang bikin saya urung terkait dengan proses penerimaannya yang harus melewati test dengan psikiater dan bbrp informasi dari teman ttg skul ini. Biaya masuk + spp masih masuk range kami, yg belum sanggup biaya shadow teacher yg harus diambil dari skul ini juga. Rp 2.2jt/bln

Skul Alam Tanah Tingal
Konsepnya juga menarik, belajar melalui media alam, kelasnya berisi 21 murid. Biaya masuk+spp-nya masuk banget sama kantong kami. Sayangnya skul ini ga terima anak ABK karena keterbatasan SDM. Selain itu jarak juga harus mencoret skul ini dari list saya

Skul Alam Al-Madinah
Hampir mirip dengan 2 diatas, skul ini menerima ABK max 2 orang perkelas, kurikulum dari diknas namun penyampaian melalui media alam, kelasnya menarik, sekelas max 30an org dengan 2 guru. Saya sudah daftar di skul ini dan test pada tanggal 7 april ini, biaya masuk + spp-nya masih masuk range kami. ST tergantung hasil observasi apa diperlukan atau tidak

Skul Mutiara Harapan
Sekelas isi 25 orang dengan 2 guru, konsep belajarnya cukup menarik, sayangnya untuk 3 thn kedepan mereka tidak lagi terima ABK, dan saya coret dari list karena uang masuk diatas 20 juta serta spp perbulannya kurleb 1 juta

Skul Inklusi Patmos
Saya jatuh cinta sama skul dan metode belajar mereka yang memang disiapkan untuk ABK, sayangnya saya tetap harus mencoret skul ini karena ini skul non muslim.

Skul Lazzuardi Cordova
Seperti yang lainnya, metode belajar mereka cukup menarik, terima ABK, masih menerima pendaftaran dan trial out, biaya masuk kurleb 25 jt, shadow teacher 2,2 jt/bulan, spp kurleb 900an/bulan. Masih dipikir2 apakah kami akan ambil skul ini atau tidak. Jarak, hmm cukup jauh dari tempat kami.

Skul Annisa, Skul Amalina, skul albayan : full
Skul Darul Mukminin, skul Assalam : tidak terima ABK

Sabtu ini lanjut ke Cordova, SDI baitulmal, nurul hasanah, budi luhur, wish we luck ya friend.

Oiya beberapa kriteria yang kami pakai dalam memilih skul

1. biaya
2. Jarak
3. Metode/sistem belajar
4. Sistem PR apa ngga
5. Berbasis agama/tidak
6. Bersih atau ngga?
7. Guru atau juru?
8. Aturan sekolah (termasuk jika ada kasus bullying/kekerasan)
9. Ada AJ apa ngga jika jarak jauh
10. Safety di sekolahan
11. Jam belajar
12. Inklusi atau bukan
13. Sistem pelajaran ke ABK

Terima kasih

~selalu ada warna yang indah diakhir pelangi~

4 komentar:

  1. aku doakan semoga mas dika dpt skul yg cocok dan pas buat dika ya mba... semoga mas dika jg nantinya betah di skul yg dipilih...

    BalasHapus
  2. Smoga Dhika dapat sekolah yg terbaik dan cocok semuanya ya Shin, btw Yesi temenku anaknya sekolah di Cordova juga, tp memang rumahnya di Meruya, jd lebih deket

    BalasHapus
  3. turut mendoakan semoga Dika ketemu sekolah yg sesuai dengan keinginan ya mbak :)

    BalasHapus
  4. @mamideven : tq ya lu, amin, terima kasih untuk doanya

    @mba icho : amin mba, mupeng sih di cordova tapi kalo pagi ya ampun macetnya ga nahan.

    @shanti : makasih mba, amin YRA

    BalasHapus