Senin, 22 November 2010

TERSEDAK DURI IKAN


Ini pengalaman Dika pertama kalinya tersedak Ikan setelah bertahun-tahun makan Ikan.

Saat itu di Kawali Restoran, saya, papi n Dika makan bersama, menu pilihannya serba Ikan.

Seperti biasa Dika pilih makan sendiri, ambil setengah ekor Ikan goreng plus saya potongi Ikan tim. Duri-duri saya pastikan tidak ada disetiap potongan ikan.

Ketika tinggal 2-3 suap nasi plus lauk di piring dika, saya sempat lengah, ntah dika ambil sendiri ikan gorang, ntah ikan timnya, tapi tiba-tiba dika berenti makan dan seperti kesulitan nelan, trus teriat sakit ma.

Repleks saya tinggalkan piring saya dan bertanya ada apa, saya tepok pelan punggungnya kemudian saya angsurkan aqua botol ke dika, bisa minum n dia bilang udah gak papa. Ah syukurlah saya sudah setengah panik tadi.

Saya ambil piringnya, minta dia stop makan n cuci tangan di wastafel.

Setelah balik ke saung kami, duduk disamping papi, dia teriak, sakit mi, sakit...dengan air mata yg mengalir. Apa yang sakit dika, dia tunjuk gigi, dan ambil tusuk gigi minta saya bersihkan giginya, sudah saya bersihkan, tapi dia tetep gak nyaman, saya bilang lagi apa yg sakit, tetep tunjuk gigi, saya tanya lagi apa dika, leher atau gigi (dengan menunjuk leher n gigi) tetep pilih gigi. Saya minta dia minum hangat n makan nasi tanpa kunyah, tapi dika nolak. Setelah muntah dikit dika bilang udah gak sakit lagi.

Kami putuskan untuk pulang, ketika mendekati meja kasir, dika batuk dan muntah hebat, saya tarik dika ke wastafel krn gak enak dg tamu yang lain, muntahlah dia di wastafel, diakhir muntah ada sedikit darah...waaaks saya cukup kaget, hadoooh pasti durinya masih ada n tenggorokannya luka.... saya kasih minum dan dika cukup tenang. Dia bilang lagi, udah mi, gak papa. Saya tanya papi gimana, apa ke dokter saja ? Papi bilang pulang aza dulu, liat di rumah gimana.

Tanya2 beberapa temen, dikasih beberapa saran, saya pillih observasi dulu setelah diskusi dengan papi.

Tapi pas bangun tidur, dika batuk dan muntah lagi dengan disertai sedikit darah..... Oh noo darah lagi, bbm n bbg teman, kemungkinan luka makanya berdarah muntahnya. Disarankan minum air dingin atau ice cream untuk menutup lukanya.

Bangun dari tidurnya lagi, dika masih tampak kesakitan, nangis n merengek terus, minta di gendong, pegang leher n kupingnya setiap bilang sakit. Setelah diskusi dengan papi saya putuskan, tuk ngecek aja ke dokter, tuk memutuskan apa masih ada duri atau hanya tinggal lukanya saja. Konsul ke dokterku yg jauh diujung langit, dia bilang ke THT saja mbak untuk mastikan ada durinya atau tidak, semakin mantap saya ke dokter.

Sebelum berangkat, saya minta dika makan dulu (sekalian mo tau apa lehernya masih sakit atau tidak buat nelan), suapan 1-5 dika masih meringis setiap kali nelen, seperti biasa dika minta tambah, okeelah boleh untuk sore ini tambah agak banyak, ooooo semakin kesini kok dika tambah nyaman nelennya, minumnya juga udah gak menyeringai lagi.... Alhamdullilah, saya bilang papi, piii kita gak jadi ke dokter ya, kita observasi lagi, dika sakit beneran atau sakit manja, kalo emang beneran, baru kita ajak dika ke dokter. Sip kata papi.

Gak lama kemudian, tante jemput dika untuk dibawa ke rumah mbah. Saya n papi nyusul gak lama kemudian. Kita makan malam bareng disana, termasuk dika. Hehehe... Makannya banyak n tidak kesakitan. Yiiiiipiiie saya berteriak dalam hati, Alhamdullilah, Alhamdullilah teriak saya, syukurlah keputusan saya untuk tetep observasi membuahkan hasil yang baik untuk Dika.

Sungguh untuk tidak panik, butuh hati dan pikiran yang tenang, butuh banyak dukungan dari keluarga dan teman.

Selalu ada pengalaman pertama yang bikin kita panik, dan saya bersyukur bisa belajar dari rasa panik kali ini.

Terima kasih ya Allah atas kesempatan yang Kau berikan agar aku terus belajar n belajar.

Terima kasih ya Dika, untukmulah mami akan terus belajar.

Terima kasih papi untuk selalu membuatku kuat.

Terima kasih temen2, yang tak lelah memberikan saran n dukungan yang hebaat.

Semoga sharing kali ini bisa bermanfaat buat temen2 ya. Enak rasanya memiliki rasa panik, tanpa rasa ini kita tidak akan belajar, tinggal bagaimana kita mengelola rasa ini dan tetap berpikir Rational.

Salam
Shinta

12 komentar:

  1. Wiiiihhh ikut legaaaaa!!
    Tempurnya lanjut gaa tuh? :p

    BalasHapus
  2. aduh mba emang tuh duri ikan jg musuh bebuyutanku. aku sering bgt ketelak duri ikan. krn pulang kerja sangat kelaparan tp hrs brantem dulu ama duri akhirnya sering ketelak pernah ampe 2hari ga nyaman, didorong pake nasi ga bisa malah mataku mencicil krn ga bisa napas. aku ampe broswing2 gimana caranya menghilangkan tuh duri,akhirnya dpt cara yg ampuh untukku. makan pisang sunripe itu pisang bayi. lsg telen bulet2. kalo pisang kita telen kan gepeng ditenggorokan kalo nasi ditelen tetep bulet ampe tenggorokan bikin susah napas.. duri oh duri.. semoga ga ketelak duri ikan lg ya dhika

    BalasHapus
  3. syukurlah kalo ga napa2...mami papi dika hebaaadd ga panik lagi..

    BalasHapus
  4. makasih sharingnya Shin..jangankan Dhika, aku aja yg sereing kesedakduri ikan gak enak bangeet
    di kasih tahu ortu suruh makan nasi saja di bulet2 dan langsung telen, kadang mempan kadang enggak

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah...syukurlah mas dika udah ngga kenapa-napa. kebayang kita aja yg tua bakal panik klo kesedak duri,apalg liat anak ndiri...pasti ngga tega.hebat buat mami n papi

    BalasHapus
  6. waaaa baru tau kalo pisang bisa dipake juga,
    sayang gak bisa diaplikasikan ke dika....

    semogagak ketelek duri lagi ya...

    BalasHapus
  7. huhuhu....mumu.... gw paniik ampe pengen nangis....

    BalasHapus
  8. hooh, aku pernah beberapa kali juga, makanya ngerasain banget apa yang dika rasakan mbak....

    *kapaaaaan ketemuaaan

    BalasHapus
  9. hoooh rin..... tau banget rasanya....
    sakitnya bisa berhari-2 sampe lukanya nutup.
    duri minumnya teh hanget.... ternyata paki air es cepet nutup lukanya....

    BalasHapus
  10. Mas dika... Ikut lega niiih... Ayo makan lg yg banyak :)

    BalasHapus
  11. @mahadaya : makan banyaaak mai, itu mah salah satu hobiku, hahaha

    BalasHapus